Skip directly to content

Sejarah dan Keindahan 2

Jangan lupa, perkawinan antara bagian kota lama dengan yang baru menjadi bagian dari eksperimen arsitektur. Kota-kota seperti Barcelona adalah kota yang penuh dengan bangunan baru yang menakjubkan, tetapi di sini juga terkenal dengan La Rambla dan bangunan-bangunan kunonya yang terpelihara dengan baik. Sagrada Familia, bangunan Art- Nouveau karya Gaudi yang dibangun abad 19 dan belum selesai, sekarang dilanjutkan dengan teknologi baru. Keindahan menjadi perkawinan yang sempurna antara bagian bangunan yang lama dengan yang baru. Untuk mendisain bangunan baru di bagian kota yang lama, arsitek yang profesional akan yang melakukan penelitian pola ruang kota lama, bangunan-bangunan lama, warna dan detail bangunan yang berada di sekitar lokasi bangunan yang menjadi proyeknya. Hasil penelitian ini menjadi dasar untuk mendisain bangunan yang baru. Sehingga bagi mereka mendisain bangunan baru adalah kegiatan ilmiah, bukan hanya sekedar  uang proyek yang dipikirkan.

Belum lama ini Presiden kita Joko Widodo mengatakan bahwa keberadaan mall-mall di masa depan akan digusur e-commerce atau toko on-line. Dalam konteks tulisan ini, tentu yang harus diperhitungkan oleh mall-mall di suatu kota bukanlah toko on-line, tetapi revitalisasi kota lama. Menghidupkan kembali kota lama sebagai tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan, sekarang sedang menjadi tren di setiap kota, walaupun belum secara serius di kerjakan oleh para pemerintah kota. Di kota lama orang akan mendapatkan ruang yang nyaman dan bangunan-bangunan lama dengan dimensi waktu yang tidak didapat di mall.  Suatu hal yang alami jika orang senang bernostalgia di kota lama. Jika penduduk suatu kota lebih memilih berbelanja di kota tua, bertemu teman di plaza Museum Sejarah Jakarta, dan berpacaran di tepi Kali Besar yang sungainya bersih dan suasananya romantis, itulah saatnya para pengembang Mall harus berpikir ulang akan investasinya dengan membangun mall yang megah di Jalan Thamrin - Sudirman atau dekat dengan Jalan Tol. Pada saat kota lama sudah bukan lagi tempat kumuh, tetapi menjadi tempat paling bergengsi di Jakarta, para pengembang akan meninggalkan pola bisnisnya membangun mall-mall raksasa.  

Dalam dimensi ruang dan waktu, sejarah dan keindahan bukan hanya terbatas dalam hal bangunan, tetapi dalam banyak hal seperti fashion, kuliner, musik, dan lebih luas lagi adalah kebudayaan. Penduduk kota senang mencari makanan dan minuman jaman dulu dengan diiringi  lagu-lagu lama dari radio kuno. Jangan heran jika mode pakaian jaman dulu menjadi trendi lagi sekarang. Yang lama, masa lalu, sejarah, selalu di sukai untuk hadir dimasa kini.

Kita merindukan mesin waktu yang dapat membawa kita ke masa lalu. Tempo Doeloe, yang merupakan sejarah, tampak lebih indah dari kaca mata kekinian dan kita ingin kembali hidup di jaman yang sudah lewat.  Orang akan merasa nyaman hidup di suasana Tempo Doeloe karena membangkitkan ingatan kolektif, yang dalam dimensi ruang dan waktu tidak dapat dihapus. Ingatan kolektif yang di wujudkan dalam ruang, yang tertata dengan baik, itulah sebenarnya keindahan. Karena itu tidak heran jika kota-kota tua di Eropa banyak di lindungi sebagai kota pusaka oleh UNESCO.

Sejarah, walaupun sangat menyakitkan, tetap saja merupakan bagian keindahan yang di promosikan dalam pariwisata. Itulah mengapa di kenal Pariwisata kelam atau Dark Tourism yaitu kunjungan ketempat-tempat bersejarah yang menyedihkan seperti kamp-kamp konsentrasi di Perang Dunia Kedua di mana jutaan manusia di bakar hidup-hidup. Hirosima Peace Memorial adalah pariwisata tentang peristiwa bom atom di perang dunia kedua yang menghancurkan kota. Museum 9/11 di New York dibangun untuk memperingati peristiwa kehancuran gedung World Trade Center karena di serang terorisme.   

Sejarah dan Keindahan, adalah bagian hidup manusia sehari-hari. Keduanya menyatu dan bersenyawa. Kota yang indah adalah kota yang memiliki bagian yang bersejarah, bangunan-bangunan kuno, dan kehidupan tempo doeloe yang lestari. Jakarta yang indah bukanlah mall dan bangunan tinggi tetapi kota tuanya yang lestari dan hidup.    

Sungguh, sejarah kota tua adalah keindahan Jakarta!

Pintu Gerbang Kota Batavia
Pintu Gerbang Kota Batavia