Skip directly to content

2. Skenario Kedua

Karena itu arsitektur bukan ornamen dan proporsi façade sebuah Mall sebab mall yang besar menjadi arsitektur hanya pada saat dia penuh sesak dengan manusia bahkan pada saat ada seorang perampok membunuh seorang satpam didalamnya.5) Mall di Jakarta memiliki makna pada saat dia dibanjiri manusia yang membutuhkan ruang publik untuk mengekspresikan dirinya didepan umum. Gedung-gedung jangkung Jakarta yang jauh dari zona pejalan kaki tetapi di semuti oleh kendaraan yang macet, sebenarnya adalah krematorium bagi arsitektur itu sendiri. Saya tidak percaya akan Form follows function karena fungsi dikaitkan dengan bentuk, dan selama arsitektur adalah bentuk bangunan, itu adalah satu pembatasan manusia sebelum arsitektur tadi terbunuh. Fungsi adalah urutan program dan arsitektur adalah seni menjabarkan dalam ruang yang penuh dengan program tadi. Arsitektur adalah ruang yang diisi manusia. Pompei tetap menjadi karya arsitektur selama dia masih dikunjungi turis, dia tidak berbeda dengan lukisan puing yang di pasang didinding museum.

Arsitektur bukanlah gedung-gedung tinggi di sepanjang jalan Thamrin, yang mendebarkan jantung para pendatang dari daerah, ataupun jalan layang yang lebar, jalan Tol yang penuh dengan kendaraan bermotor dan macet. Arsitektur adalah keramahan perkampungan di Jakarta yang hadir semenjak Batavia dan berlangsung turun temurun hingga kini. Arsitektur adalah dinamika penghuni di gang-gang sempit Petak Sembilan dan daerah Pasar Baru yang padat dengan manusia dan memiliki bau yang khas. Dari pendapat ini, rumah susun yang didesain oleh mereka yang menamakan diri arsitek, menjadi bukan arsitektur selama disana tidak ada ruang  untuk berdialog antara para penghuni, bertemu dan beramah tamah.

 

5) "To really appreciate architecture you may even need to commit a murder" Tschumi 1979: Advertisement for architecture.

Petak Sembilan
Petak Sembilan