Skip directly to content

5. Hotel Kelas Satu

Usaha perluasan dengan menambah kamar-kamar baru diadakan pada tahun 1898. Sembilan tahun kemudian ditambah dengan sejumlah pavilyun baru. Bagian depan yang besar dengan lobby yang luas dibangun pada tahun 1931. Sedang rumah asli yang tampak sebagai bangunan induk dalam foto-foto kuno pada pertukaran abad ini, di tahun 1970an masih berdiri di bagian belakang, dikenal sebagai "rumah merah".

Sejak masa itu sampai tahun 1950an, Hotel des Indes merupakan hotel kelas satu yang tiada duanya dalam prestise dan kedudukannya di Jakarta. Setelah itu kedudukannva makin merosot. Apalagi ketika harus menampung golongan pegawai negeri yang tak mendapat perumahan di ibu kota. Kemerosotan itu makin parah setelah pengambilalihan. Hotel kelas satu itu seakan-akan menjadi suatu asrama besar. Dengan adanya Hotel Indonesia di tahun 1960an, namanya nyaris tak pernah disebut-sebut lagi.

Pada tahun 1971 bangunan Hotel des Indes yang sudah mencatat riwayat selama 115 tahun itu diratakan dengan bumi. Bersamaan dengan itu hilang pula satu babak sejarah.

Receptionis Hotel Des Indes
Receptionis Hotel Des Indes