Skip directly to content

Bagaimana Menuju Batavia

Batavia adalah nama lama Jakarta, ibukota Indonesia. Dinamai Batavia ketika Belanda masih menjajah Indonesia. Sekarang tidak ada orang yang menyebut ibukota Indonesia dengan nama Batavia. Yang dinamakan Batavia adalah kota lama Jakarta yang hanya 2 kilometer persegi luasnya. Kota lama ini terletak di Jakarta Utara berbatasan dengan pantai. Jika anda pergi kesana dengan kereta api, kereta api akan berhenti di stasiun kota, stasiun terbesar di Jakarta. Stasiun ini terletak di bagian selatan kota tua. Jika anda sampai di Jakarta dengan pesawat terbang, anda dapat naik bis bandara ke Mangga Dua dan dari sana naik angkot ke stasiun kota.

Di kota tua Jakarta ada beberapa hotel seperti Hotel Batavia dan Hotel De’Qur yang terletak di Kali Besar, pusat kota lama Jakarta. Ada juga beberap hotel di sebelah Timur kota tua Jakarta seperti Hotel Novotel dan Hotel Amaris. Di Selatan Kota Tua Jakarta, di Pecinan, ada beberapa hotel seperti Hotel Metropol dan Hotel Plaza.

Lebih baik anda jalan-jalan di Kota Tua Jakarta dengan jalan kaki. Disini lalu-lintasnya macet hampir setiap waktu. Dari kota tua Jakarta jika anda ingin pergi kebagian modern Jakarta, anda bisa naik Bus Way. Bagian modern Jakarta adalah Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Di sepanjang jalan-jalan ini terdapat mall-mall yang mewah.

Stasiun Kota Jakarta