Skip directly to content

Bangkitnya Kota Lama Jakarta

Kompas 18 Maret 2015
Kompas March 18, 2015

Hari ini tanggal 18-05-2015 harian Kompas di Halaman 27 menampilkan artikel yang sangat membesarkan hati kita bahwa revitalisasi kota lama Jakarta menunjukkan langkah maju. Tetapi adalah bagian dari tulisan ini yang membuat kita menjadi ragu karena ternyata banyak PR di kota lama karena banyak yang tidak tertib dan kotor.

Kita tahu kereta api Komuter baik dari Jakarta ke Bogor, Bekasi, Tangerang maupun Serpong dulu merupakan kereta api yang buruk. Bukan saja para penumpang yang naik di atas gerbong, juga banyak copet di dalam gerbong yang pintunya terbuka, pengamen dan pengemis yang sangat mengganggu penumpang, dan pedagang asongan ada di dalam stasiun dan gerbong yang membuat keduanya baik stasiun maupun gerbong kereta kotor.

Tetapi sekarang wajah kereta api komuter sudah lain tidak seperti dari dulu lagi. Sekarang sudah tertib seperti masuk ke dalam mall. Tidak ada penumpang yang naik keatas gerbong, pedagang asongan semua di luar stasiun, Semua penumpang antre dengan tertib di loket penjualan tiket yang sekarang berupa kartu Elektronik. Stasiunnya bersih, di sana ada KFC, Starbucks, dsb. Ini membuktikan bahwa orang Indonesia juga bisa tertib dan sopan. 

Kami percaya bahwa kota lama Jakarta pun bisa di atur rapi seperti stasiun-stasiun ini.